Pertanyaan Seputar Wireless

T. Apakah yang dimaksud dengan jaringan wireless ?
J. Jaringan wireless adalah jaringan komunikasi menggunakan Frekuensi Radio maupun cahaya sebagai media penghantarnya.

T. Ada berapa Jenis jaringan wireless ?
J. Jaringan wireless ada 4 terdiri dari ;
- PAN ( Personal Area Network )
- LAN ( Local Area Network )
- MAN ( Metropolitan Area Network)
- WAN ( Wide Area Network )

T. Jelaskan mengenai wardriving dan Penetration testing of Security !
J. Wardriving adalah kegiatan mencari keberadaan frekuensi radio ( RF ) jaringan komputer berserta karakteristiknya, sedangkan penetration testing of security adalah kegiatan mencari celah keamanan yang dapat dimanfaatkan pada sebuah jaringan wireless tersebut. Hal ini jika di ilustrasikan dalam kehidupan nyata seperti usaha perampokan terhadap sebuah bank dimana wardriving adalah mencari keberadaan sebuah bank pada suatu wilayah sedangkan penetration testing adalah usaha untuk mencari pintu masuk ke bank tersebut.

T. Apakah kegiatan Wardriving illegal ?
J. Kegiatan Wardriving bukan sebuah kegiatan illegal namun tindak lanjut ( kegiatan sesudah itu ) terhadap suatu sistem jika dilakukan tanpa izin termasuk kegiatan illegal.

T. Apa yang dapat terjadi jika sebuah sistem jaringan wireless LAN memiliki celah keamanan ?
J. Sistem jaringan wireless LAN tersebut dapat diambil alih (hijack) oleh penyerang dan seluruh data-data yang terdapat dijaringan tersebut sangat mungkin untuk dicuri ( termasuk username dan password ),dirusak bahkan dihapus secara permanen oleh penyerang.

T. Apakah yang dimaksud Spread spectrum
J. Teknik modulasi ( merubah energi RF ke energi listrik maupun sebaliknya melalui antena ) yang dirancang agar paket data lebih tahan terhadap interferensi, Spread spectrum ada dua DSSS dan FHSS.

T. Jelaskan perbedaan DSSS dan FHSS
J. Pada metode ini sebuah bit dikonversi kedalam beberapa chip yang membentuk unik kemudian dikirimkan dalam frekuensi yang tetap. Kekurangan metode ini adalah data 1 bit diwakili oleh beberapa chip. Dengan menggunakan bandwith 1 MHz data 1 bit dibentuk oleh 11 chip yang masing-masing chipnya membutuhkan 1 MHz maka 1 bit akan membutuhkan bandwith 22 MHz. Sedangkan FHSS Menggunakan sinyal pembawa pita sempit yang mengubah frekuensi menjadi pola-pola yang hanya dapat diketahui oleh pemancar dan penerima pengiriman data dengan metode ini menggunakan frekuensi tidak tetap Metode FHSS memiliki 79 Channel dan masing-masing diwakili oleh 1 MHz, perubahan frekuensi dilakukan tiap 0.4 detik. Jika terkena interferensi ada sebuah frekuensi, maka data akan dikirim ulang melalui frekuensi berikutnya.

T. Faktor apa saja yang mempengaruhi jaringan wireless ?

J. 1.Kekuatan frekuensi
2.Cuaca
T. Apakah yang dimaksud Spread spectrum
J. Teknik modulasi ( merubah energi RF ke energi listrik maupun sebaliknya melalui antena ) yang dirancang agar paket data lebih tahan terhadap interferensi, Spread spectrum ada dua DSSS dan FHSS.

T. Berapa banyak client dapat terhubung kedalam sistem infrastruktur jaringan wireless (Access Point) ?
J. Teorinya dapat mengkoneksikan hingga 253 client dalam sebuah wireless router namun pada prakteknya kebanyakan Access Point rata-rata hanya sanggup untuk mengkoneksikan maksimal 25 client.

T. Apakah WEP (Wired Equivalent Privacy) Key ?
J. Protokol 802.11 menetapkan standar WEP sebagai mekanisme sederhana untuk mengamankan lalu lintas data antara NIC wireless dengan Access points. Yang bertindak sebagai kunci berupa alfa numerik untuk masuk kedalam jaringan WLAN.

T. Apa saja yang diperlukan untuk melakukan cracking terhadap WEP Key ?
J. 1. Software untuk melakukan capture paket data jaringan wireless.
2. Kekuatan sinyal yang stabil untuk menjaga paket data yang ditanggap agar tidak rusak.
3. Jumlah paket data untuk cracking, pada WEP key 64-bit diperlukan minimal sekitar 20.000 paket data sedangkan untuk 128-bit 40.000 paket data (tergantung kemampuan software untuk melakukan cracking WEP key).
4. Software untuk cracking wep key.
5. Keberuntungan.

T. Fungsi dari IV ( initial vector )
J. IV berfungsi untuk memperpanjang kehidupan key rahasia karena pemancar dapat mengubah IV kedalam masing-masing transmisi Frame.

1 comments:

Kholid said...

Apa perbedaan antara wardriving dan penetration testing of security dalam konteks jaringan wireless? kami dari cloudtech ingin belajar...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international voip calls